Peringatan Hari Buruh se-dunia

berita_4

Gresik (beritajatim.com)- Menjelang peringatan Hari Buruh (May Day) 2012 di Gresik. Sebanyak 8 serikat pekerja tetap menyampaikan aspirasinya dengan melakukan aksi turun jalan.

Agus Salim, Ketua FSP Kahutindo Gresik mengatakan, sesuai kesepakatan ada 8 serikat pekerja tetap melakukan aksi May Day dengan cara turun jalan memperingati Hari Buruh Sedunia bulan depan. “8 serikat pekerja yang siap turun jalan. Kedelapan serikat pekerja itu diantaranya SPN, Kahutindo, SP KEP MBU, Kahut SPSI, Sarbumusi, Serbu Setan, Hukatan SBS, dan FE KUI,” kata Agus Salim, Selasa (24/04/2012).

Rencananya, aksi turun jalan ini diikuti 30 ribu pekerja yang diambil dari 30 persen dari tiap perusahaan yang tergabung dalam 8 serikat pekerja yang sepakat turun jalan. “Kami nanti melakukan swepping di tiap perusahaan,” ujarnya, Selasa (24/04/2012).

Untuk swepping lanjut Agus Salin, rutenya dilakukan di beberapa kawasan industri seperti Kecamatan Driyorejo, Menganti, Kedamean, Manyar, dan Gresik. “Sudah ada kesepakatan kami berkumpul di 4 wilayah sebelum aksi bersama. Titik kumpul yang dimaksud wilayah selatan di Driyorejo. Tengah di Kecamatan Kedamean dan utara di Kecamatan Manyar sebelum menuju ke Kantor Pemkab Gresik,” tutur Agus Salim.

Mengenai tuntutan saat aksi turun jalan. Dijelaskan Agus Salim, ada 5 tuntutan saat melakukan orasi. Pertama, penegakan hukum soal tenaga kerja, Kedua, keberadaan Kantor Sekber dan fasilitas, ketiga, menolak BBM. Keempat, segera bentuk tim pengaduan outsourcing, dan kelima Dewan Pengupahan segera membentuk upah sektoral di tiap daerah. [dny/ted]

2 Responses to Peringatan Hari Buruh se-dunia

  1. nunuk says:

    Semangat… Untuk berjuang agar mencapai titik terang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>